Senin, 23 Juni 2014



Kesuksesan finansial bukanlah keajaiban, juga tidak didasari faktor keberuntungan. Ini hanyalah hukum sebab akibat yang sedang bekerja. Jika Anda memulai sebabnya, Anda akan mendapatkan akibatnya.
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai wirausaha maka ada baiknya kita ketahui dulu pengertian dari wirausaha itu. Berikut pengertian dan definisi kewirausahaan menurut beberapa ahli:
Peter F Drucker menyatakan bahwa wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Sedangkan menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.
Sementara itu tokoh keuangan Thomas W Zimmerer berpendapat bahwa kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
Berdasarkan pengertian yang dijabarkan oleh para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah sosok pengambil resiko yang memiliki kretivitas, inovasi dan kemampuan mengatur dan mengelola bisnis dalam memanfaatkan peluang, menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda untuk mendapatkan keuntungan finasial dan non uang.
Setelah kita mengetahui apa itu wirausaha maka sekarang saatnya kita membahas apa saja peluang yang bisa didapat dari berwirausaha.
1. Peluang untuk Menentukan Nasib Anda Sendiri
Tidak dapat dipungkiri ketika seseorang berwirausaha maka ia cenderung berusaha lebih keras. Hal ini karena apa yang akan ia nikmati tergantung dari apa yang dihasilkan oleh usahanya. Sehingga wajar jika dikatakan wirausaha adalah peluang untuk menentukan nasib kita sendiri.
2. Peluang untuk Melakukan Perubahan
Kelebihan wirausaha lainnya adalah kita bisa menciptakan peluang sebesar-besarnya untuk merubah nasib kita. Hal ini disebabkan hasil dari kegiatan usaha yang kita lakukan adalah mutlak untuk kita sehingga besaran hasil yang didapat juga bisa digunakan untuk memperbesar usaha.
3. Peluang untuk Mencapai Potensi Sepenuhnya
Saat berusaha sendiri maka kita juga berkesempatan bereksplorasi habis-habisan. Namun yang perlu diingat dalam bereksplorasi adalah tetap memperhatikan keterukurannya. Hal itu perlu menjadi perhatian agar dalam prakteknya kita tidak sibuk mencoba sistem sehingga mengabaikan efektivitas dari setiap sistem yang digunakan. Karena sistem yang kita terapkan tentunya butuh waktu untuk bisa berperforma maksimal.
4. Peluang untuk Meraih Keuntungan Menakjubkan
Bagaimana tidak, ketika peluang 1, 2 dan 3 itu bisa kita maksimalkan maka keuntungan yang menakjubkan bukanlah sesuatu yang mustahil.
5. Peluang untuk Berperan Dalam Masyarakat dan Mendapatkan Pengakuan atas Usaha Anda
Berwirausaha adalah jalan halal tercepat yang tersedia untuk bisa berbuat lebih untuk orang-orang, masyarakat dan lingkungan yang kita cintai. Kesuksesan berwirausaha akan mengantarkan kita pada kemampuan berperan dalam masyarakat. Dan peran kita dalam kehidupan bermasyarakat itulah yang nantinya akan melahirkan pengakuan atas apa yang kita lakukan.
6. Peluang untuk Melakukan Sesuatu yang Anda Sukai dan Bersenang-senang Dalam Mengerjakannya.
Saat kita memutuskan untuk berwirausaha tentunya kita akan memilih jenis usaha yang sesuai dengan diri kita agar kemudian kegiatan usaha yang dilakukan tidak menjadi beban melainkan menjadi wadah menikmati hidup melalui segala jenis aktivitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar