Rabu, 11 Juni 2014



Lembaga Profesi menjadi Prioritas di Dunia Kerja


WISUDA: Salah seorang lulusan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Business College Semarang, diwisuda oleh Direktur LP3I Pusat Jakarta, Dr HM Syahrial Yusuf, MM, MBA di Hotel Semesta Semarang.
Semarang, CyberNews. Di tengah masalah ketenagakerjaan yang semakin kompleks belakangan ini, lembaga profesi dipandang perlu menjadi prioritas para lulusan SMA untuk meneruskan pendidikannya. Pasalnya, lembaga profesi dianggap cepat mendidik mereka menjadi terampil, cekatan, dan inovatif, seperti yang dikehendaki dunia industri belakangan ini.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Gunawan Saptogiri SH MM mengatakan, kenyataan bahwa lowongan yang tersedia tidak bisa terpenuhi, lebih dikarenakan belum adanya link and match antara kompetensi tenaga kerja yang tersedia dengan yang diharapkan oleh pengguna atau dunia kerja.
"Sulit rasanya suatu daerah dapat maju tanpa dukungan pelatihan SDM yang baik. Oleh karena itu, di saat sekarang lembaga profesi siap kerja bukanlah menjadi alternatif lagi melainkan sudah menjadi prioritas," tuturnya di sela acara wisuda ke-II Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Business College Semarang di Hotel Semesta Semarang, baru-baru ini.
Sebanyak 150 lulusan dari keempat Jurusan yakni Business Administration, Informatics Computer, dan Computerized Accounting, serta Office Management diwisuda setelah menyelesaikan tugas Application Project.
Gunawan menambahkan, tahun 2009, pencari kerja yang terdaftar di Disnakertrans Kota Semarang saja, sudah mencapai 21.951 orang. Sementara lowongan kerja yang tersedia, hanya 57,96 persennya atau 12.525 orang sedangkan penyerapan masih 8.449 orang atau 67,4 persen dari lowongan atau 38,49 persen dari pencari kerja.

Kontribusi
Sementara, Direktur LP3I Pusat Jakarta, Dr HM Syahrial Yusuf, MM, MBA berharap, lulusan LP3I dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan relasi.
"Kami telah mendidik para mahasiswa dengan program 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi, dan penempatan) ditambah menggunakan kurikulum berbasis kompetensi. Untuk itu, lulusan LP3I adalah lulusan yang berani bersaing dengan lulusan sarjana di dunia kerja. 98 persen wisudawan telah ditempatkan kerja pada perusahaan relasi LP3I," terangnya.
Gunawan menyambut dengan positif. Hal itu menurutnya, menunjukan bahwa LP3I BC Semarang yang menempati gedung di Jl Indraprasta 92, telah membantu pemerintah dalam usaha meningkatkan ketrampilan tenaga kerja berbasis kompetensi, yang selanjutnya dapat bersaing di dunia kerja atau wirausaha.
"Kami berharap, beberapa elemen masyarakat mengikuti. Misalkan mendirikan institusi pendidikan, ya lebih baik kini mendirikan lembaga profesi yang bisa mendidik generasi muda cepat beradaptasi dengan dunia kerja atau industri," kata Gunawan.

0 komentar:

Posting Komentar